Namanya juga peluang usaha musiman tentunya tak selalu ada setiap saat. Peluang bisnis ini memang akan datang hanya pada musim atau momentum tertentu. Meskipun demikian, keuntungan yang diperoleh dari bisnis jenis ini bisa jauh lebih besar dan lebih menguntungkan dibandingkan usaha yang bersifat abadi atau selalu dibutuhkan konsumen.

Kali ini kami ingin berbagi tips atau jurus jitu dalam memanfaatkan peluang usaha insidentil ini dengan cara mempetakan dan meningkatkan kepekaan saat peluang usaha itu datang.

Peluang Usaha Musiman Berkaitan Suatu Peristiwa

Peluang bisnis jenis ini umumnya datang saat hadirnya sebuah momentum atau peristiwa tertentu. Diantaranya peristiwa dalam agama Islam, seperti datangnya puasa Ramadhan dan Idul Fitri. Pada saat momentum ini, akan banyak sekali peluang usaha menjelang puasa, peluang usaha di bulan Ramadhan, peluang usaha menjelang lebaran, maupun peluang usaha setelah lebaran.

peluang bisnis musiman

Beberapa contoh peluang usaha musiman ini antara lain pembuatan kue lebaran, penjualan peralatan ibadah, penjualan busana muslim dan muslimah, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Namun karena waktunya yang terbatas dan banyaknya pelaku usaha yang tertarik dalam memanfaatkan peluang bisnis musiman tersebut, maka diperlukan strategi promos yang lebih efektif agar berhasil.

Peluang Usaha Musiman pada Periode Tertentu

Tak sedikit sebuah peristiwa terjadi secara berulang pada periode atau bulan tertentu. Seperti awal dimulainya tahun ajaran baru yang terjadi secara berkala setiap tahun sekali pada bulan Juni atau Juli. Pada periode ini para orang tua akan sibuk dan banyak mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya. Tak sedikit contoh peluang usaha musiman ini yang bisa dimanfaatkan, seperti usaha jasa jahitan seragam sekolah, penjualan perlengkapan alat tulis dan perlengkapan sekolah, dan sebagainya.

Lihat juga peluang usaha modal kecil tahun 2015 yang prospektif.

Peluang Usaha Musiman Berdasarkan Kondisi Alam

Terdapatnya dua macam musim di wilayah geografis kita melahirkan setidaknya dua macam peluang bisnsi musiman yang juga bisa dimanfaatkan. Saat musim hujan, tentunya berbagai produk makanan yang menghangatkan akan sangat dibutuhkan para konsumen. Begitu juga produk-produk anti hujan, seperti mantol hujan atau payung akan banyak dicari. Begitujuga sebaliknya saat musim panas, tentunya bisnis minuman dingin akan banyak dibutuhkan.

Demikianlah sedikit tips dalam mempetakan dan menangkap berbagai peluang bisnis bisa dilakuan berdasarkan musimnya. Semoga tulisan singkat tentang jurus memanfaatkan peluang usaha musiman menjanjikan ini bisa memberikan inspirasi dan berguna untuk anda.