Trend belanja online di Indonesia memperlihatkan kecenderungan yang sangat signifikan sekaligus memposisikan peluang bisnis dari trend belanja online ini sebagai pilihan yang sangat menggiurkan dan prospektif. Kenyataan ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari pertumbuhan dan maraknya toko online maupun berbagai jenis bisnis di internet yang amat pesat. Bahkan para pengguna internet di Indonesia banyak yang tertarik untuk memilih transksi secara online ketimbang harus repot berbelanja secara offline ke pasar atau mall. Kenyataan ini pun didukung sejumlah fakta dan penelitian terhadap gaya hidup modern tersebut.

Fakta yang paling menonjol dari tren tersebut adalah makin banyaknya produsen gadget yang melakukan peluncuran maupun transaksinya secara online. Tren ini secara perlahan menggusur kecendrungan sebelumnya yang banyak dilakukan secara offline, baik di hotel berbintang atau dengan mengadakan suatu acara yang diselenggarakan secara massal.

Sebut saja beberapa diantaranya seperti Himax Indonesia yang dalam launching produk gadgetnya Himax Pure III mampu membukukan penjualan hingga lebih dari 5.000 ponsel terbarunya hanya dalam waktu beberapa jam saja setelah diluncurkan.

belanja online di Indonesia

Advan, pabrikan gadget lokal yang makin berkibar juga telah merangkul Lazada Indonesia dalam memasarkan salah satu produk smartphone-nya, yaitu Vandroid S5H. Uniknya, sekitar 30 ribu unit ponsel pintar ini secara eksklusif hanya dijual secara online melalui lazada.co.id, sehingga masyarakat yang ingin membelinya di konter HP atau mall tidak bakal bisa mendapatkannya.

Gairah Belanja Online di Indonesia

Maraknya pertumbuhan sejumlah bisnis online dalam bentuk mall online atau toko online ditengarai didorong oleh meningkatnya pertumbuhan belanja online di Indonesia yang mencapai angka 50 hingga 60 persen pertahun dalam beberapa tahun terakhir ini. Apalagi pertumbuhan ini juga didominasi oleh pembelian gadget yang memang memiliki pangsa pasar sangat besar di tanah air.

Tren meningkatnya transaksi e-commerce di tanah air sebenarnya telah ditangkap oleh sejumlah riset. Lembaga riset AC Nielsen juga menemukan adanya kecenderungan yang terus meningkat di Indonesia. Dari penelitiannya itu, dari sekitar 30 juta pengguna internet yang ada Indonesia pada tahun 2010, sekitar 80 persennya melakukan transaksi secara online di internet.

Lihat juga peluang usaha modal kecil tahun 2015 yang prospektif.

Jumlah ini meningkat cukup tajam dibandingkan tahun 2009 yang baru tercatat sekitar 68 persen. Asal tahu saja, nilai transaksi belanja online masyarakat Indonesia pada tahun 2009 itu saja telah mencapai angka 3,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 35 triliun, suatu jumlah yang tidak kecil tentunya.

Sedangkan menyangkut jenis produk yang diminati masyarakat dalam melakukan transaksi belanja online di Indonesia, AC Nielsen mencatat setidaknya ada 6 produk yang menjadi pilihannya, berdasarkan urutannya, yaitu

  1. Buku
  2. Produk pakaian, sepatu atau asesoris
  3. Pembelian tiket pesawat atau reservasi
  4. Produk elektronik dan gadget
  5. Hardware komputer
  6. Produk software komputer

Begitu juga tentang cara atau teknik pembayarannya, para pengguna internet di Indonesia mempunyai pilihan yang beragam. Meskipun demikian cara pembayaran dengan menggunakan paypal merupakan yang paling banyak dilakukan. Setelah itu diikuti dengan penggunaan kartu debit, transfer bank, kartu kredit, serta yang terakhir adalah dengan cara transfer uang.

Menangkap Peluang Bisnis Online yang Menggiurkan

Meskipun tren perkembangan transaksi dan belanja online di Indonesia terus meningkat, namun nilai total transaksi tersebut masih terbilang sangat kecil dibandingkan nilai transaksi e-commerce secara global. Berdasarkan data yang dikutip dari Forrester Research, pada tahun 2010 angka belanja online atau transaksi e-commerce secara global tercatat mencapai nilai 172,9 miliar dolar AS (sekitar 1,7 bilion rupiah). Dari nilai global tersebut, nilai transaksi bisnis online di Indonesia tercatat hanya sebesar 2 persen, suatu jumlah yang masih amat kecil.

Anda sebaiknya juga membaca tentang peluang usaha musiman yang menjanjikan.

Meskipun demikian, tren perkembangan yang menggembirakan ini juga memperlihatkan makin tingginya kepercayaan masyarakat dalam melakukan tranaksi secara online melalui internet. Berbagai hambatan menyangkat keamanan dalam melakukan transaksi secara online telah mampu diatasi dengan tersedianya beragam cara transaksi yang lebih aman dan terjamin.

Banyaknya bisnis online, khususnya dalam bentuk toko online yang tumbuh pesat dalam waktu 5 tahun terakhir juga turut mendorong kondisi yang menggembirakan ini. Gairah dan trend belanja online di Indonesia yang diperkirakan akan terus meningkat ini tentunya juga memberikan peluang bisnis online yang sangat prospektif dan layak untuk dikejar.