Seiring perkembangan internet yang pesat, saat ini bisnis online telah menjadi salah satu alternatif usaha yang makin banyak dijalankan. Lihat saja jumlah toko online saat ini yang banyak bermunculan di internet, semuanya saling berebut ceruk pasar yang memang sangat potensial tersebut.

Namun sayangnya, ada banyak toko online ataupun pelaku bisnis online lainnya yang kurang memperhatikan karakteristik konsumen internet yang sangat berbeda dengan perilaku konsumen konvensional. Bentuk transaksi online yang dilakukan tanpa bertemu muka antara penjual dan pembeli mestinya menjadi dasar utama dalam menjalankan bisnis melalui internet.

Lihat juga peluang bisnis dari trend belanja online di indonesia.

sukses bisnis online

Kenali dan Hindari Kendala Bisnis Online

Jika anda berminat untuk terjun dan sukses di bisnis online, sebaiknya kenali terlebih dahulu kendala maupun tantangan yang ada berikut ini.

1. Jangan Terjebak Menjadi Katalog Online

Saat ini banyak sekali toko online yang lebih berfungsi sebagai catalog atau brosur online. Mereka lebih sering memajang produk, harga, ataupun cara pengiriman saja. Bentuk bisnis semacam ini cenderung tak ubahnya seperti layaknya blog biasa yang hanya sekedar memberikan informasi tentang isi blog kepada pengunjungnya. Padahal banyak aspek lain dalam menjalankan bisnis online yang mesti disiapkan dan dilakukan dengan perencanaan yang lebih baik.

2. Terlalu Asyik dengan Aktivitas Online

Tak sedikit pelaku bisnis online yang belum memahami benar media online yang digunakan untuk usahanya. Mereka terlalu cepat melakukan praktek bisnis sebelum memahami sifat, karakter, maupun seluk belum media online yang digunakan. Hal ini sangat terlihat dari banyaknya toko online yang menggunakan blog gratisan untuk menjalankan usahanya, seperti blogspot, weebly, ataupun wordpress.com.

Selain itu, kebanyakan pemilik toko ataupun bisnis online juga terlalu asyik berkutet pada aktivitas online dan kurang memperhatikan efektivitas bisnisnya. Para pelaku bisnis internet ini cepat berpuas diri dengan penampilan dan kelenkapan dari isi toko online yang dijalankannya.

3. Hindari Bentuk Bisnis Online Satu Arah

Bisnis yang sukses umumnya dijalankan dengan memperhatikan interaksi dengan pelanggannya. Komentar, kritik, ataupun testimony dari pelanggan yang diberikan setelah melakukan transaksi bukan saja penting bagi pemilik toko online namun juga dapat menjadi referensi yang sangat penting untuk calon pelanggan baru.

Demikianlah sedikit artikel dari Dayausaha.com tentang hal-hal yang sebaiknya anda hindari saat ingin terjun dan menjalankan usaha di internet. Semoga informasi tentang pantangan, kendala, dan tantangan tentang sukses bisnis online ini berguna untuk anda.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan