Sudahkan anda membuat laporan keuangan pembukuan usaha untuk bisnis yang anda jalankan? Umumnya pelaku bisnis yang berskala kecil atau perorangan umumnya kurang memperhatikan maalah yang satu ini. Mungkin saja saat ini hal pembukuan tidak dirasakan penting saat ini. Namun saat ingin membangun kerja sama atau relasi bisnis maupun mencari kredit usaha, biasanya mereka akan gugup dan baru memikirkan betapa pentingnya soal pembukuan keuangan dalam bisnis.

Kurang diperhatikannya masalah pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha akan menyebabkan tidak diketahui pula bagaimana posisi keuangan usaha dan berapa profit yang didapatkan. Kondisi pembukuan keuangan yang tidak rapi menyebabkan sulit dilakukan evaluasi kondisi keuangan, sehingga sulit juga mendapatkan kucuran modal.

Kunci pengelolaan keuangan bisnis sebenarnya adalah kedisiplinan bisnis dalam melakukan pencatatan transaksi dan membuat laporan keuangan sederhana dan tidak bercampur dengan keuangan pribadi. Sebetulnya pencatatan keuangan secara sederhana ini bisa dilakukan sendiri disela kegiatan bisnis Anda. Namun jika Anda merasa kerepotan Anda bisa menggaji lulusan SMK yang biasanya sudah diajarkan pembukuan.

pentingnya laporan keuangan usaha

Ada sejumlah alasan kenapa pelaku usaha kurang memperhatikan masalah pembukuan keuangan usaha. Selain soal kesibukan karena semua pekerjaan dikerjakan sendiri ataupun karena tidak kuat membayar gaji karyawan, mereka umumnya juga awam dengan soal pencatatan keuangan. Apa saja sih yang harus dicatat dalam pembukuan itu? Bagaimana pula cara membuat pembukuan bisnis yang praktis untuk UKM?

Lihat juga 3 kesalahan umum perencanaan bisnis plan.

Selain itu tak jarang pula muncul pertanyaan seperti, sebagai pemilik usaha apakah saya juga boleh mendapatkan gaji dari bisnis saya dan bagaimana cara menghitungnya? Atau, adakah contoh pembukuan yang mudah dalam pembuatan dan mampu memenuhi standar pembukuan keuangan yang baku agar mudah dibaca pihak lain, seperti investor atau pemberi kredit?

Tanpa pembukuan yang baik maka Anda akan mengalami kesulitan untuk menentukan strategi usaha dan bisnis Anda ke depan. Selain itu terkait dengan perhitungan pajak juga butuh pembukuan. Itulah pentingnya melakukan pembukuan usaha dan membuat laporan keuangan untuk pengembangan bisnis anda yang lebih maju dan lebih besar yang semoga berguna dan memberikan inspirasi untuk anda.

Simpan