Budidaya ikan hias air tawar merupakan salah satu peluang usaha modal kecil yang menjanjikan dan sangat menguntungkan. Kebutuhan pasar terhadap ikan hias sangat tinggi dan selalu ada sepanjang masa tanpa mengenal musim. Terlebih hampir semua orang dari berbagai kalangan dan usia sangat menyukai ikan cantik yang berwarna warni ini.

Budidaya ikan hias merupakan jenis bisnis yang memiliki prospek yang cerah sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar maupun ketrampilan yang sangat teknis, sehingga siapapun bisa membangun dan menjalankan bisnis ini.

Prospektifnya Peluang Usaha Ikan Hias Air Tawar

Peluang usaha ikan hias termasuk sangat prospektif. Hal ini mengingat tingginya kebutuhan pasar terhadap jenis ikan yang cantik bentuknya ini. Sementara petani ikan atau pelaku usaha yang ada belum mampu memenuhi tingginya kebutuhan tersebut. Karena itulah, jika anda ingin terjun ke dunia perikanan namun bingung dalam memilih jenis ikan yang ingin diusahakan, tak ada salahnya memilih jenis ikan hias air tawar tersebut. Untuk peluang yang lain lihatĀ peluang usaha modal kecil tahun 2015 yang prospektif.

Jenis ikan hias banyak sekali, dari ikan koi, koki, discuss, guppy, hingga jenis arwana yang menjadi primadona. Ikan koi misalnya, merupakan jenis ikan hias yang sangat indah dan termasuk salah satu yang sangat popular di kalangan penggemar ikan hias. Selain itu, pemeliharaan ikan koi relatif mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapapun yang berminat.

budidaya ikan hias

Yang menarik, masing-masing jenis ikan hias memiliki keunggulan dan keistimewaan yang khas. Berbeda dengan jenis ikan lele, nila, atau bawal yang termasuk dalam ikan air tawar konsumsi. Ada ikan koi yang karena bentuknya yang unik dan indah bisa dijual hingga jutaan rupiah per ekor. Terlebih untuk jenis arwana yang sering disebut sebagai ikan keberuntungan juga memiliki penggemar fanatik yang berani membeli dengan harga tinggi.

Budidaya Ikan Hias Hanya Butuh Modal Kecil

Untuk menjalankan usaha budidaya ikan hias, anda tak perlu harus memiliki modal besar. Dengan modal kecil dan seadanya, usaha ini bisa dijalankan. Diantaranya anda bisa memanfaatkan berbagai asset di sekitar rumah. Baik dengan membuat akuarium sendiri ataupun dengan pembuatan kolam ikannya.

Jika anda memiliki halaman rumah yang cukup besar namun kosong dan kurang fungsional tak ada salahnya memanfaatkan sebagian untuk dijadikan atau disulap sebagai kolam ikan. Perlu anda ketahui bahwa kolam pembesaran ikan hias tak selalu menggunakan tanah dengan cara dikeruk dan dilubangi. Anda tentunya bisa menggunakan drum atau tong plastik ataupun menggunakan bak-bak semen.

Begitu juga untuk bibit ikan hiasnya anda bisa mencari penjual benih ikan yang harganya umumnya relative sangat murah. Rata-rata harga seekor bibit ikan hias berkisar antara Rp 30 hingga 150. Berapa banyak bibit ikan yang anda butuhkan tentunya bisa disesuaikan dengan luasan kolam ikan yang anda rencanakan. Dan ini bisa dilakukan secara bertahap. Awalnya, budidaya ikan hias air tawar ini bisa dimulai dari skala kecil yang jika berhasil, maka peluang usaha modal kecil ini dapat anda kembangkan lebih besar lagi di kemudian hari.

Semoga apa yang ditampilkan oleh Dayausaha.com ini bisa bermanfaat.