Anda sedang butuh pinjaman modal usaha kecil untuk mengembangkan bisnis anda? Pertanyaan semacam ini akhir-akhir ini kerap muncul sebagai tagline iklan baris di berbagai surat kabar. Tawaran yang cukup menggiurkan tersebut tak jarang membuat kita tertarik untuk mengetahui lebih detail. Meskipun setelah mengetahuinya tak jarang yang kemudian mengelus dada karena ternyata persyaratannya yang ketat dan bunganya yang tidak kecil

Pinjaman modal usaha umumnya dicari dan dilakukan pertama kali sebelum kita menjalankan sebuah usaha. Tidak sedikit orang yang enggan atau tak berani memulai sebuah usaha tanpa adanya permodalan yang cukup karena begitu pentingnya peran modal. Padahal kenyataannya, sebuah bisnis yang berhasil dan sukses tak cukup hanya didukung oleh ketersediaan modal yang kuat dan besar. Lihat juga sumberĀ modal usaha.

Kebanyakan kita umumnya juga terjebak pada persepsi bahwa mencari modal usaha identik berkaitan dengan lembaga permodalam yang sudah umum telah diketahui, yaitu dari lembaga perbankan. Padahal kenyataannya, modal usaha dapat dicari dan diperoleh dari berbagai sumber lainnya. Dengan sedikit kreativitas dan jaringan pergaulan yang luas, banyak alternatif sumber bantuan modal usaha yang bisa diburu.

Alternatif Sumber Pinjaman Modal Usaha Kecil

Jika anda butuh modal usaha kecil dan sedang bingung dalam mencarinya, berikut ini beberapa sumber bantuan modal usaha kecil selain lembaga perbankan yang bisa anda coba dan hubungi.

1. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi merupakan tempat berkumpulnya orang yang tak jarang menyediakan layanan simpan pinjam untuk kepentingan anggotanya. Tetapi untuk bisa mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari koperasi ini tentunya anda perlu mendafarkan diri sebagai anggota terlebih dahulu.

bantuan-modal-usaha

2. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara biasanya mengalokasikan sekitar 2 persen dari keuntungannya agar digunakan guna membantu pengembangan usaha kecil yang ada di tempat lokasi perusahaan itu berada. Nah, jika usaha yang anda jalankan termasuk kategori usaha kecil dan menengah tak ada salahnya mencoba memanfaatkan pelayanan tersebut.

3. Modal Usaha dari Lembaga Jasa Keuangan Non-Bank

Selain perbankan, kita juga mengenal lembaga keuangan non bank yang juga mengelola dana masyarakat dan menyalurkannya melalui kredit. Saat ini cukup banyak perusahaan yang bergerak dalam bisang jasa keuangan non bank dengan memberikan atau menyediakan layanan kredit. Seperti kreit motor ataumobil, kredit barang elektronika, hingga kredit peralatan rumah tangga. Jika usaha anda membutuhkan berbagai peralatan yang bisa dikredi, kenapa tidak memanfaatkan layanan semacam ini?

4. Bantuan Modal Usaha dari Investor

Alternatif lainnya dalam mencari modal usaha adalah dari investor. Namun dibandingkan alternative lainnya, cara ini menuntut anda memiliki jaringan atau hubungan yang baik maupun reputasi yang tanpa cela untuk memperoleh kepercayaaan. Karena itulah dalam mencari calon investor untuk usaha anda, sebaiknya anda memulainya dari yang terdekat dengan anda. Anda bisa mencoba dari kalangan saudara atau keluarga besar ataupun dari teman-teman dekat. Meskipun mungkin ini merupakan sumber pinjaman modal usaha tanpa jaminan namun anda juga perlu memperhitungkan keuntungan yang akan anda berikan kepada investor maupun risiko jika gagal.

Itulah artikel dariĀ Dayausaha.com tentang sebagian sumber alternatif yang bisa anda coba dalam mencari pinjaman modal usaha kecil, baik untuk mengembangkan bisnis anda yang telah berjalan maupun untuk memulai usaha baru, yang mudah-mudahan bermanfaat buat anda.

Simpan