Jika anda sedang bingung mencari peluang usaha modal kecil, bisnis waralaba maupun waralaba murah mungkin dapat menjadi alteratif yang perlu dipertimbangkan. Apalagi saat ini usaha franchise merupakan salah satu bentuk bisnis yang banyak dicari orang dan sangat populer. Dibandingkan membangun dan menjalankan usaha yang dimulai dari bawah, kebanyakan orang lebih menyukai bisnis yang sudah jadi, utamanya untuk orang-orang yang memiliki dana cukup besar.

Saking populernya jenis usaha ini, tak sedikit pula orang yang kemudian bersikap latah dan hanya sekedar meniru dan ikut-ikutan saja. Orang-orang seperti ini umumnya lebih tergiur oleh keuntungan dan laba yang bisa diraih dalam waktu singkat tanpa perlu repot dengan berbagai strategi bisnis ataupun teknik marketingnya.

Jika ada tertarik dengan model bisnis waralaba, terutama jenis bisnis waralaba modal kecil, anda sebaiknya juga mempertimbangkan berbagai hal mendasar. Langkah ini snagat penting agar usaha yang anda jalankan nantinya akan berlangsung dalam waktu lama dan mampu bertahan terhadap makin tingginya persaingan yang ada.

Langkah Memilih Jenis Waralaba Murah

Nah, berikut ini beberapa cara memilih jenis waralaba murah yang semoga berguna dalam memberikan pandangan yang lebih obyektif sebelum anda menjalankannya.

waralaba murah

1. Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan Anda

Sebuah pertanyaan penting mungkin akan sangat membantu anda mengenali minat dan kemampuan anda dalam bisnis. Apa saja yang anda minati dan pada bidang apa anda memiliki kapabilitas? Minat tanpa diikuti suatu kemampuan itu namanya hobi. Padahal bisnsi bukanlah sekedar hobi karena berhubungan dengan system usaha yang cukup kompleks dan juga perlu mempertimbangkan kompetisi yang ada.

Saat ini ada banyak sekali usaha waralaba yang ditawarkan. Dari jenis makanan dan minuman atau kuliner, usaha laundry, percetakan, dan sebagainya. Dari berbagai tawaran yang ada, cobalah anda kembalikan jenis atau bidang waralaba tersebut dengan minat dan kemampuan anda untuk menangani dan mengembangkannya.

 

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Modal Usaha

Pertimbangkan pula harga atau biaya waralaba yang mesti anda keluarkan untuk membelinya dengan kemampuan modal usaha anda. Dalam memperhitungkan hal ini, anda juga mesti mengalokasikan dana terpisahkan untuk pengembangan bisnis waralaba yang telah anda beli. Dengan kata lain, modal usaha yang anda sediakan terdiri dari dua jenis, yaitu untuk membeli hak waralaba dan modal untuk menjalankan dan mengembangkan waralaba tersebut. lihat juga tips mendapatkan pinjaman modal usaha.

 

3. Investigasi dan Pelajari Sistem Waralaba yang Anda Minati

Untuk mendapatkan franchise terbaik, langkah investigasi memang perlu dilakukan. Langkah ini penting untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan waralaba yang anda minati. Hindari sikap mudah tergiur dan gampang percaya terhadap data atau informais yang disajikan pemilik waralaba. Ada banyak tawaran franchise yang terlalu membesar-besarkan data laba dan mengeliminasi kendala atau kelemahan yang ada. Kalau perlu anda meminta waktu khusus untuk melakukan wawancara dengan pemilik waralaba untuk mengetahui detail penawaran yang diajukan.

Lihat juga tentangĀ peluang usaha musiman yang menjanjikan.

Demikianlah tips dan kiat dalam menimbang dan memilih bisnis franchise yang bisa dihadirkan oleh Dayausaha.com. Dengan memilih waralaba murah yang tepat tentunya akan makin melapangkan jalan anda untuk menjalankan dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis waralaba yang menguntungkan.