Masalah pinjaman modal usaha tak identik ataupun selalu berhubungan dengan jasa keuangan atau lembaga perbankan saja. Namun tak sedikit orang yang ingin terjun ke dunia bisnis bingung dalam mencari cara mendapatkan dukungan permodalan. Padahal, masih banyak lembaga lain yang bisa dimanfaatkan, bahkan dengan proses yang lebih mudah dan bunga yang juga lebih rendah.

Harus diakui, modal usaha merupakan faktor penting yang dibutuhkan untuk menjalankan maupun mengembangkan bisnis. Namun tentunya modal bukanlah penentu keberhasilan sebuah bisnis karena masih banyak unsur yang turut mempengaruhi, seperti pasar, strategi promosi, hingga mentalitas kita sebagai pelaku bisnis.

Jasa Keuangan dan Penyedia Pinjaman Modal Usaha

Jika anda adalah pelaku bisnis atau tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, di bawah ini adalah lembaga-lembaga yang menyediakan layanan pinjaman modal usaha yang bisa dimanfaatkan untuk usaha anda.

pinjaman modal usaha

1. Lembaga Perbankan

Lembaga perbankan yang berhubungan dengan modal usaha ini terdiri dari berbagai jenis bank, termasuk bank BPR. Namun umumnya seleksi terhadap permintaan permohonan modal usaha dilakukan sangat ketat, terutama menyangkut kredibilitas usaha yang sedang anda bangun. Lembaga keuangan ini umumnya tidak menerima permintaan untuk pembagunan usaha baru atau belum dijalankan.

Baca juga Peluang Usaha Musiman yang Menjanjikan

2. Lembaga Keuangan Non-Bank

Tak sedikit lembaga semacam ini yang melayani permohonan kredit dalam bentuk barang, seperti pengajuan kredit mobil, komputer, maupun barang lainnya. Jika anda membutuhkan barang atau perangkat lain dalam mendukung kegiatan usaha, kenapa tidak memanfaatkan layanan ini? Selain cukup mudah prosesnya, sistem kredit akan meringankan beban modal usaha yang dibutuhkan.

3. Mengajukan ke Investor

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang lain adalah dengan membuat proposal penawaran tentang bisnis anda kepada investor perorangan yang berminat. Saudara, teman, ataupun kolega yang mungkin mempunyai dana lebih dapat menjadi sumber pinjaman modal usaha anda. Apalagi jika usaha anda memang prospektif.

Mungkin anda tertarik dengan peluang usaha modal kecil tahun 2015 yang prospektif?

4. Lembaga Koperasi

Ada banyak koperasi simpan pinjam yang juga menyediakan layanan pinjaman modal. Namununtuk mendapatkan modal usaha dari koperasi tentunya anda harus terlebih dahulumenjadi anggotanya, dan itu mudah hal yang sulit.

5. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Sesuai seruan pemerintah, BUMN umumnya menyediakan sekitar 2 % dari keuntungannya untuk membantu pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Jika anda termasuk kelompok UKM, anda bisa mengajukan pinjaman modal ke BUMN karena bunganya yang sangat rendah dan berbagai fasilitas yang sangat mendukung pengembangan bisnis pelaku UKM.

6. Jasa Pinjaman Uang

Jika anda sering membaca ruang iklan di media massa cetak atau koran, tak sedikit tawaran yang menyediakan pinjaman uang. Jasa semacam ini umumnya mengenakan bunga yang gak tinggi, dengan meminta adanya agunan yang nilainya setidaknya setara dengan jumlah pinjaman. Namun pinjaman modal usaha dari jasa semacam ini mengandug risikonya yang cukup tinggi, sehingga sebaiknya anda jadikan saja sebagai opsi terakhir setelah cara lain tak membuahkan hasil.

Itulah Sumber Pinjaman Modal Usaha yang bisa ditampilkan Dayausaha.com, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis.