Saat ini bisnis sudah menjadi sesuatu yang sangat digandrungi dimasyarakat. Semua orang seperti berlomba memulai bisnis dan menjadi pengusaha.

Tapi bisnis selalu identik dengan modal, bahkan modal yang besar. Semakin besar modal, semakin baik bisnisnya, dan semakin banyak bisnis yang bisa digeluti.

Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki modal, apa kita juga bisa memulai dan memiliki bisnis? Jawabannya adalah tentu saja bisa! Kami akan menjelaskan bagiamana caranya berbisnis tanpa modal.

bisnis tanpa modal
1. Menjadi desainer / orang kreatif

Jika anda merasa kreatif, anda bisa memulai bisnis dengan menjual ide-ide kreatif seperti menjadi desainer baju, desainer website, membuat storyboard untuk iklan. Anda bisa memulainya dengan mengerjakan proyek-proyek kreatif pesanan teman atau saudara, sebelum menerima proyek klien dari luar.

Baca juga Inilah Peluang Bisnis dari Trend Belanja Online di Indonesia

2. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah orang menjualkan produk/barang milik orang lain. Dengan menjadi dropshipper, anda tidak perlu menyetok barang. Anda bisa langsung menjualkan barang milik orang lain, dan mengirimkan langsung dari pemilik barang ke pembeli. Dengan metode seperti jadi anda tidak perlu mengeluarkan modal, tapi anda juga bisa mendapatkan profit.

3. Menjadi Broker/Agen/Makelar

Salah satu contohnya adalah broker rumah atau mobil. Anda bisa mencarikan rumah atau mobil untuk orang lain, lalu menaikkan harga sedikit dari harga asli, sebagai fee jasa anda.

4. Mencari investor

Berbisnis tentu tidak harus menggunakan uang anda sendiri. Jika anda tidak memiliki uang untuk modal usaha, anda bisa mencari investor untuk membiayai bisnis anda. Biasanya adalah dengan sistem bagi hasil ataupun pinjaman. Dengan cara ini anda tidak perlu pusing memulai usaha, sekalipun anda tidak memiliki uang.

Demikianlah informasi bisnis tanpa modal yang bisa Dayausaha.com sampaikan. Semoga bisa memotivasi anda untuk berbisnis.

 

Simpan

Simpan